Angkatan Laut Cina ‘memperingatkan’ kapal perang AS yang berlayar melalui Laut Cina Selatan yang disengketakan

Militer China mengambil “tindakan segera” pada hari Minggu terhadap “tidak sah” berlayar oleh kapal perang AS di perairan Laut Cina Selatan yang diklaim oleh Beijing.

Kementerian pertahanan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua kapal perang AS, kapal penjelajah antiem yang dipandu Antiem dan perusak USS Higgins, memasuki perairan yang disengketakan di sekitar Kepulauan Paracel sebelum angkatan laut China campur tangan dalam apa yang dianggap sebagai “pelanggaran serius terhadap kedaulatan Tiongkok.”

“Militer China mengambil tindakan segera dengan mengirimkan kapal laut dan pesawat untuk melakukan identifikasi dan verifikasi hukum atas kapal perang AS dan memperingatkan mereka,” Wu Qian, juru bicara kementerian pertahanan, mengatakan.

Juru bicara itu juga menyebut langkah AS “provokatif dan sewenang-wenang,” yang katanya “merusak saling percaya strategis antara kedua militer.”

Cina telah memegang kendali de facto atas Kepulauan Paracel sejak 1974, namun Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim yang bersaing di wilayah itu. Kapal perang AS dilaporkan datang dalam 12 mil laut dari pulau-pulau.

Kebebasan operasi navigasi AS adalah ukuran yang ditargetkan melawan pengaruh China yang semakin meningkat di wilayah tersebut.

Langkah ini datang pada saat yang sensitif antara AS dan China. Pekan lalu Pentagon melarang Cina dari latihan militer internasional dalam upaya untuk mengirim pesan tentang kegiatan negara di Laut Cina Selatan.

“Militerisasi China lanjutan dari fitur yang disengketakan di Laut Cina Selatan hanya berfungsi untuk meningkatkan ketegangan dan mengganggu kestabilan kawasan,” kata jurubicara Departemen Pertahanan, Letnan Kolonel Christopher Logan, dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, AS telah bertanding dengan Cina atas ketidakseimbangan perdagangan karena kedua negara melanjutkan pembicaraan untuk mencegah perang dagang habis-habisan.

Presiden Donald Trump juga menyerukan Cina pekan lalu karena memiliki perbatasan “berpori” dengan Korea Utara, dan laporan menunjukkan perusahaan-perusahaan Cina telah meningkatkan perdagangan dengan Korea Utara.

Bulan lalu, kapal-kapal China dilaporkan memberi tantangan “kuat” kepada tiga kapal perang Australia di Laut Cina Selatan yang sedang dalam perjalanan ke Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *